Kamis, 20 September 2012

Fase Aktif dan Pasif dalam Perkembangan Anak

Setiap Anak pastilah mengalami yang namanya fase aktif dan fase aktif dalam perkembangan dirinya. Ketika seseorang Anak lehir pastilah Dian mewarisi fsikhio-fisis yang tidak bisa dimintanya. Anak tidak bisa memilih untuk menolak atau menerima kelahirannya, Dia tidak bisa meminta bakat-bakat tertentu ada pada dirinya. Semuanya sudah disediakan oleh alam dan Anak tinggal menerimanya. Segala perlrngkapan jasmani dan rohani sudah disediakan oleh takdir sebelum Anak tersebut bisa merubah nasib  yang ada pada dirinya. Anak padamulanya tidak dapat memebangun dirinya sendiri itulah yang disebut sebagai fase pasif. Dalam fase pasif perkembangan Anak sangatlah bergantung pada lingkungan sekitar yang memeliharanya apakah lingkungan itu dapat menstimulir atau malah menghambat perkembangan Anak.


Lalu, apa yang dimaksud sebagai fase aktif? Fase aktif adalah keadaan diamana Anak bisa menghayati dirinya sendri sebagai "AKU". Pada saat itulah Anak mulai menyadari sepenuhnya bahwa dirinya memepunyai kemauan. Lalu, Anak mulai membayangkan akan hal yang ingin Dia capai di masa depannya
(impian), melalui penggabungan dirinya dimasa lampau sekarang dan masa yang akan datang.Pada diri Anak mulai timbul kebebasan, dimana Anak mampu memilih dan merubah dirinya sendiri.Pada fase ini Anak juga mulai mencoba-coba segala hal-hal yang baru saja Dia temui dan mulai mamahami hal-hal baru tersebut, guna mencapai tujuan-tujuan yang Dia inginkan.

1 komentar:

  1. benar, anak cuma menjalani apa yang terlintas di fikiran mereka :)

    http://vitaminboutique.blogspot.com/

    BalasHapus