Kamis, 20 September 2012

Aktifitas Bermain pada Pekembangan Masa Kanak-Kanak awal


Siapa diantara Anda yang memiliki Anak atau ponakan atau Anda sendiri dulu waktu masih kanak-kanak tidak suka bermain? Saya kira setiap orang pasti suka bermain. Apa lagi Anak-anak, Bermain adalah hal yang sangat menyengangkan. Oleh karena itu, kegiatan bermain banyak disukai oleh Anak-anak. Bermain selain kegiatan yang menyenangan, juga merupakan kegiatan yang baik.  Apalagi bagi Anak-anak, dari permainan-permainan yang Anak lakukan, mereka belajar untuk lebih mengerti akan keadaan di sekelilingnya. Dalam masa perkembangan Anak setiap ada hal baru yang mereka pelajari berarti ada satu permanan baru unutk dimainkan. Anak yang berusia satu setengah tahun biasanya sangat senang jika mereka dapat bermain sendiri, menemukan permainan-permainan baru  dan menggulangi tindakan-tndakan yang berbeda. Jean Piaget dengan seksama menelaah berbagai jenis aktivitas bermain pada Anak-anak berbagai usia.
Teori Piaget
Piaget berpendapat bahwa perkembangan aktivitas bermain amat erat kaitannya dengan perkembangan itelegensi. Dan selain itu, satu petunjuk dari tahap perkembangan Anak mungkin bisa didapat pada lewat pengobservasian aktivitas berman Anak. Salah satu contohnya adalah kesempatan untuk menguasai dan mempraktekkan ketrampilan pada tahapan perkembangakan yang berbeda-beda. Perkembangan intelegensi dan tahap-tahapnya: sensori-motor, pra-operasional, operasional, tahap-tahap ini dicermunkan melalui berbagai aktivitas barmain,seperti: bermain penguasaan(mastery play),bermain pura-pura(make-belive play),bermain menurut kaidah tertentu(play with rules), yang mencerminkan Anak-anak pada usia yang berbeda-beda, walaupun Anak-anak mencerap dan menggabungkan aktivitas bermain dari tahapan lebih awal ke aktifitas bermain yang cocok untuk usianya sekarang.
Aktifitas bermain atau pura-pura
Pada Anak yang berusia 2-7 tahun biasanya aktivitas bermain simbolik atau pura-pura sering dilakukan. Pada usia inilah Anak-anak menggunakan symbol dalam aktivitas bermainnya, memepelajari bahasa, dan belajar cara berpura-pura dengan membuat sesuatu mewakili seesuatu yang lain. Esensi dari aktifitas bermain pura-pura adalah bahwa si Anak mentransformasikan dirinya sendiri atau sebuah objek menjadi sesuatu yang lain. Bagi Piaget kemampuan untuk menyimbolkan atau membuat sesuatu mewakili sesuatu yang lain penting dalam membantu si anak menstranformasikan skema sensori-motor menjadi konsep.
Seorang ahli psikologi Amerika, Catherine Garvey, dengan mengangumkan menunjukan bahwa bahasa menjadi sarana untuk aktivitas bermain pura-pura. Dari belakang kaca tembus-pandang satu arah Gatvey melakukan kajian OBSERVASI NATURALISTIK terhadap Anak-anak yang sedang bermain pada sebuah tempat penitipan Anak. Dengan hasilnya, bahwa Anak kecil memang membutuhakan waktu daam belajar berinteraksi dengan Anak-anak lain. Namun, Anak berusia tiga tahun mampu melakukan percakapan pura-pura secara bersama-sama, terutama jika tidak ada orang dewasa diantara mereka. 
Bermain dengan Kaidah
Pada akhirnya Piaget mengobservasikan bermain dengan kaidah yang menandakan si anak berada pada periode operasional(kira-kira 7 tahun ke atas). Pada saat cara berfikir Anak sudah menjadi logis, maka permainan serta aktivitasnya tiba kemampuan untuk menggabungakan kaidah. Pertama, Anak-anak lebih suka membuat kaidah sendiri dan tidak mampu mengikuti “aturan permainan”;baru pada perkembangan berikutnya mareka dapat mengikuti kaidah standar yang berlaku untuk semua orang. Hal ini bersamaan waktunya dengan cara berfikir. Menurut Piaget adaptasi intelektual ditandai oleh dua proses, yaitu:
a.     Asimilasi: Anak  mencerap informasi dan pengalaman dunia luar dan memodifikasikannya agar cocok dengan pengalaman dan pemahaman dirinya sendiri.
b.     Akomodasi: Anak mengubah dan mengembangkan pemahamannya sendiri sehingga cocok dengan objek maupun peristiwa di dunia luar.
Dalam permainan asimilasi lebih penting dibandingkan akomodasi karena dalam permainan si anak berinteraksi dengan dunia luar dan mengubah dunia agar cocok dengan pemahamannya sendiri.

1 komentar:

  1. informasi yang sangat bagus :)

    http://vitaminboutique.blogspot.com/

    BalasHapus